Tuesday, December 4, 2012

Kesan Horornya Museum Fatahillah


          Bangunan luas yang terletak didaerah Jakarta Barat yang menyerupai Istana Dam di amsterdam ini mempunyai luas bangunan melebihi 1.300 meter persegi. Bangunan yang dikenal sekrang sebagai museum ini diresmikan pada 30 Maret 1974. Museum yang terlihat sudah sangat tua dan sangat bersejarah ini lah yang dikenal dengan nama Museum Fatahillah atau Museum Batavia.
          
          Museum Fatahillah adalah museum yang memiliki bangunan yang luas dan kokoh. Museum ini jika dilihat dari segi bangunannya, dapat dikategorikan sebagai museum yang yang termegah dijakarta. Jika dilihat dari tanggal peresmian dan segi desaignnya pastilah museum ini menjadi museum yang tertua di bilangan Jakarta Barat.

          Seorang wisatawan lokal yang berasal dari Yogyakarta bernama Dinda mengatakan bahwa Museum Fatahillah terkesan horor pada kunjungan pertamanya ke museum ini, hal ini dikarenakannya berbagai fasilitas yang kurang lengkap dan memadai.

         "WCnya horor yah lampunya remang-remang ditambah dengan suasanan sejarah di museum ini makin horor aja kesannya" ungkap Dinda yang menjawab pertanyaan sambil tertawa dengan temannya. Museum ini memang kurang adanya fasilitas sehingga membuat museum ini kesannya terlihat seperti horor.

          Hal tersebut ternyata dibenarkan oleh kepala bagian koleksi dan perawatan museum Fathillah, yang bernama pak Karsirun ini mengaku bahwa dari segi fasilitas museum ini masih belum maksimal. Tetapi sejauh ini pihak dari museum sudah melakukan yang terbaik untuk museum ini.

          Kepala bagian koleksi dan perawatan museum fatahillah ini mengatakan bahwa semakin tahun peningkatan pengunjung museum fatahillah semakin meningkat tiap tahunnya, meskipun ,meningkatnya secara bertahap. Biasanya Museum ini ramai pada hari sabtu mingggu dan hari lubur. Selain itu pengunjung museum Fatahillah ini ternyata lebih banyak pengunjung lokal daripada pengunjung asing.

         Rencana kedepan yang diungkapkan oleh kepala bagian koleksi dan perawatan dari museum ini adalah pihak museum akan membuat fasilitas dari museum ini lebih bagus lagi sehingga tidak terlihat horor dan terlihat lebih menarik lagi agar pengunjung lebih meningkat lagi. 

          


No comments:

Post a Comment